Artikel

BPBD KOTA SERANG ADAKAN PELATIHAN MANAJEMEN PERALATAN PENANGGULANGAN BENCANA

    Dibaca 31 kali

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Peralatan Penanggulangan Bencana. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari terhitung dari tanggal 25 s.d 27 Maret 2018 bertempat di Lembah Bukit Hijau Mancak Kabupaten Serang, diikuti sejumlah 30 orang peserta yang berasal dari 7 kelurahan dan 3 kecamatan di Kota Seran.g

Pada laporan penyelenggara, disampaiakan Heri Sumbara selaku PPTK kegiatan tersebut mengatakan, bahwa Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi para peserta dibidang Manajemen Peralatan, sekaligus menguji Peralatan Penanggulangan bencana yang dimiliki BPBD Kota Serang.

Untuk meyakinkan pelaku penanggulangan bencana mencapai kompetensi sesuai yang dipersyaratkan, Heri menambahkan bahwa materi yang dikembangkan harus mendukung pencapaian kompetensi dalam lingkup profesional, sosial dan kepribadian untuk menghasilkan “insan pelaku penanggulangan bencana yang tanggap, tangguh dan tangkas”.

“Dengan diselenggarakannya pelatihan ini diharapkan dapat memperkecil gap kompetensi SDM antara kompetensi nyata dengan kompetensi ideal dan diharapkan ada pada setiap individu SDM penggerak bidang penanggulangn bencana di Kota Serang.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang, Golib Abd Mutholib dalam sambutannya menyampaikan peningkatan kapasitas pada bidang manajemen peralatan pada saat sebelum bencana sangat penting untuk membekali para pelaku Penanggulangan Bencana dalam menjalankan tugas. Kedepan, diharapkan pelatihan dapat disampaikan pada semua pihak yang bergerak pada Penanggulangan Bencana, baik pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha, untuk memperkuat kerjasama multipihak.

“Dalam mengembangkan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan layanan Penanggulangan Bencana yang inklusif dan efektif. Selanjutnya Pelatihan Manajemen Peralatan dapat digunakan oleh semua relawan diseluruh kelurahan di wilayah Kota Serang,” tegas Golib. (ris)