Artikel

Cegah Abrasi, Mahasiswa KKM Bina Bangsa bekerjasama BPBD Kota

    Dibaca 65 kali

Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universtas Bina Bangsa yang berlokasi di Sawah Luhur Kasemen Kota Serang menggalakkan program penanaman bibit mangrove. Kegiatan tersebut berlangsung atas kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Rabu (25/7).

 

Pendamping KKM, Kaeruman mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKM 32 Bina Bangsa yang dirangkaikan dengan Mandar Edutural Fest. Tujuannya untuk mengedukasi mahasiswa akan pentingnya mangrove terhadap lingkungan.

 

“Teman-teman KKM diberikan pemahaman awal terhadap penting dan manfaat pohon mangrove,” katanya.

 

Tak hanya itu, rombongan mahasiswa tersebut dibekali tata cara penanaman bibit mangrove. Setelah itu, mereka diarahkan untuk menanam di lokasi yang telah ditentukan.

 

“Sebelum menaruh bibit terlebih dahulu kami harus tahu prosedur penanaman. Komunitas sahabat pesisir berperan dalam hal itu,” ucapnya.

 

Mahasiswa KKM ini berharap semoga penanaman ini dapat mencegah abrasi. Serta membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

 

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, H. Tb. M Suherman, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa salah satu cara untuk mengurangi resiko banjir adalah dengan melestarikan tanaman mangrove, namun dikatakannya selama ini yang kerap dilakukan hanya menanam kemudian ditinggalkan.

 

“Kami menjalankan konsep baru, yaitu Taman Mangrove kali ini dengan dibantu adik- adik kita yang sedang KKM dari Universitas Bina Bangsa.” Ungkapnya.

 

Menurut Tb. Suherman, taman ini akan dirawat hingga tumbuh dan berkembang layaknya sebagai tumbuhan. Selain itu sebagai cagar alam, Pencanangan Taman Mangrove ini adalah salah satu usaha untuk mengubah alam yang biasa saja menjadi salah satu icon Kota Serang.

 

Diakuinya bahwa Pemerintah Kota Serang akan mendukung penuh dalam pengelolaan Taman Mangrove ini di Tahun 2019, diantaranya untuk perawatan, penanaman kembali.

 

“Kegiatan dan pelaksaannya nanti melekat dan dibawah Komando BPBD Kota Serang yang bekerjasama dengan beberapa pihak,” ungkapnya.(Ris)